Jumat, 03 Januari 2014

TENTANG KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK ISLAM TIKUNG


Administrasi merupakan merupakan cabang ilmu yang mempelajari manajemen dalam suatu perkantoran. Awalnya Kompetensi Keahlian ini bernama Tata Usaha dan berganti nama menjadi Administrasi Perkantoran karena arahan dari pusat. Orang yang menggeluti dan menerapkan ilmu disebut Sekretaris. Dalam Perusahaan baik yang besar maupun yang kecil, Sekretaris merupakan unsur penting dalam jalannya suatu manajemen. Di SMK Islam Tikung dalam Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran diajarkan tentang kegiatan perkantoran, antara lain membuat strategi pelaksanaan sistem perusahaan, membuat dokumen, mengarsip dokumen, tata cara berkomunikasi yang baik, mengoperasikan mesin-mesin perkantoran dan lain-lain.

Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran
Program Keahlian Administrasi Perkantoran bertujuan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyrakat.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungiawabkan.
Profesi Tamatan Program Keahlian Administrasi Perkantoran
  1. Arsiparis
  2. Administrasi
  3. Sekretaris yunior
  4. Penerima tamu/front office
  5. Operator telepon dan komputer
  6. Juru tata usaha di kantor


Lapangan kerja yang siap menerima lulusan program keahlian APK / Sekretaris
  1. Kantor dinas pemerintah / swasta
  2. BUMN / BUMD
  3. Lembaga yang berhubungan dengan pelayanan
  4. Hotel
  5. Koperasi / Perusahaan Filance
  6. Biro wisata
  7. Wirausaha

Kompetensi lulusan program keahlian Administrasi Perkantoran :
  1. Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran
  2. Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
  3. Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega & Pelanggan
  4. Menerapkan Praktik Kesehatan Keselamatan Kerja & Lingkungan Hidup
  5. Dasar-dasar Akuntansi (jasa - dagang)
  6. Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
  7. Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
  8. Mengelola Peralatan Kantor
  9. Melakukan Prosedur Administrasi
  10. Menangani Penggandaan Dokumen
  11. Menangani Surat/Dokumen Kantor
  12. Mengelola Sistem Kearsipan
  13. Membuat Dokumen
  14. Memproses Perjalanan Bisnis/Dinas
  15. Mengelola Pertemuan/Rapat
  16. Mengelola Dana Kas Kecil
  17. Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan
  18. Mengelola Data/Informasi di Tempat Kerja
  19. Membuat dan Menjaga Koleksi Perpustakaan

0 komentar:

Posting Komentar