Administrasi merupakan merupakan
cabang ilmu yang mempelajari manajemen dalam suatu perkantoran. Awalnya
Kompetensi Keahlian ini bernama Tata Usaha dan berganti nama menjadi
Administrasi Perkantoran karena arahan dari pusat. Orang yang menggeluti dan
menerapkan ilmu disebut Sekretaris. Dalam Perusahaan baik yang besar maupun
yang kecil, Sekretaris merupakan unsur penting dalam jalannya suatu manajemen.
Di SMK Islam Tikung dalam Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
diajarkan tentang kegiatan perkantoran, antara lain membuat strategi
pelaksanaan sistem perusahaan, membuat dokumen, mengarsip dokumen, tata cara
berkomunikasi yang baik, mengoperasikan mesin-mesin perkantoran dan lain-lain.
Tujuan
Program Keahlian Administrasi Perkantoran
Program Keahlian Administrasi Perkantoran bertujuan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
Program Keahlian Administrasi Perkantoran bertujuan membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyrakat.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungiawabkan.
Profesi
Tamatan Program Keahlian Administrasi Perkantoran
- Arsiparis
- Administrasi
- Sekretaris yunior
- Penerima tamu/front office
- Operator telepon dan komputer
- Juru tata usaha di kantor
Lapangan kerja yang siap menerima
lulusan program keahlian APK / Sekretaris
- Kantor dinas pemerintah / swasta
- BUMN / BUMD
- Lembaga yang berhubungan dengan pelayanan
- Hotel
- Koperasi / Perusahaan Filance
- Biro wisata
- Wirausaha
Kompetensi
lulusan program keahlian Administrasi Perkantoran :
- Memahami Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran
- Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
- Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega & Pelanggan
- Menerapkan Praktik Kesehatan Keselamatan Kerja & Lingkungan Hidup
- Dasar-dasar Akuntansi (jasa - dagang)
- Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
- Mengoperasikan Aplikasi Presentasi
- Mengelola Peralatan Kantor
- Melakukan Prosedur Administrasi
- Menangani Penggandaan Dokumen
- Menangani Surat/Dokumen Kantor
- Mengelola Sistem Kearsipan
- Membuat Dokumen
- Memproses Perjalanan Bisnis/Dinas
- Mengelola Pertemuan/Rapat
- Mengelola Dana Kas Kecil
- Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan
- Mengelola Data/Informasi di Tempat Kerja
- Membuat dan Menjaga Koleksi Perpustakaan
0 komentar:
Posting Komentar